Selasa, 08 November 2016

TUGAS UTS ( DOSEN : Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd )



Pengertian Model Pembelajaran Dick and Carey

Model pembelajaran dick and carey merupakan model pembelajaran yang dikembangkan melalui pendekatan sistem (System Approach). Terhadap komponen-komponen dasar dari desain sistem pembelajaran meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Model sistem pembelajaran yang dikembangkan oleh Dick and Carey terdiri dari beberapa komponen yang perlu untuk membuat rancangan aktifitas pembelajaran yang lebih besar. Dick dan carey memasukkan unsur kognitif dan behavioristik yang menekankan pada respon siswa terhadap stimulus yang dihadirkan

Model desain pembelajaran berperan subagai alat konseptual, pengelolaan, komunnikasi, untuk menganalisis, merancang, mengevaluasi program pembelajaran, dan program latihan. Setiap desain pembelajaran memiliki keunikan dan perbedaan dalam langkah-langkah dan prosedur yang digunakan. Perbedaan juga kerap terdapat pada istilah-istilah yang digunakan. Namun demikian, model-model desain tersebut memiliki dasar prinsp yang sama dalam upaya merancang proharam pembelajaran yang berkualitas. Dalam desain pembelajaran dikenal beberapa model yang di kemukakan oleh para ahli, salah satunya adalah “ Model Dick and Carey”
langkah - langkah model de and carey
  1. Mengidentifikasikan tujuan umum pembelajaran.
  2. Melaksanakan analisi pembelajaran
  3. Mengidentifikasi tingkah laku masukan dan karakteristik siswa
  4. Merumuskan tujuan performansi
  5. Mengembangkan butir–butir tes acuan patokan
  6. Mengembangkan strategi pembelajaran
  7. Mengembangkan dan memilih materi pembelajaran
  8. Mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif
  9. Merevisi bahan pembelajaran
  10. Mendesain dan melaksanakan evaluasi sumatif

contoh pembelajaran model de ang carey 


CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN/ DISAIN PEMBELAJARAN IPS TERPADU SATUAN PENDIDIKAN

MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
KELAS :
TOPIK : KEGIATAN EKONOMI PENDUDUK
ALOKASI WAKTU : 4 X 45 MENIT


A. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Geografi:
1. Memahami Kegiatan ekonomi masyarakat
6.1 Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan, dan pola pemukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi.
Sosiologi:
2. Memahami kehidupan sosial masyarakat.
2.1 Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial.
Ekonomi:
3. Kemampuan memahami unsur-unsur usaha berekonomi
6.2 Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa.
Sejarah:
4. Kemampuan memahami perjalanan bangsa Indonesia pada masa Hindu-Buddha dan Islam sampai abad ke-18.
5.2 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia, serta peninggalan-peninggalannya
B. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu mengklasifikasi kegiatan ekonomi penduduk serta perannya di wilayah Asia Tenggara.
C. Metode Pembelajaran
1. Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.
D. Sumber, Alat, dan Bahan Pembelajaran
Kurikulum, buku-buku pelajaran IPS yang relevan, dan gambar-gambar tentang aktivitas ekonomi penduduk.


E. Langkah-Langkah Pembelajaran


Tahapan Kegiatan                                                       Kegiatan
Kegiatan
Awal/Pendahuluan.                             Mengamati gambar berbagai kegiatan ekonomi masyarakat sekitar
                                                            Tanya jawab tentang berbagai kegiatan ekonomi
Kegiatan Inti                                       Guru menunjuk salah seorang siswa untuk menjelaskan tentang tugas yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya. Salah seorang peserta didik menjelaskan tugas yang telah dikerjakannya. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan tentang berbagai jenis aktivitas perekonomian penduduk, alasan penduduk memilih tempat tinggal, jenis-jenis barang konsumsi, hasil-hasil industri jasa, potensi sumber daya alam di Indonesia, dampak positif dan negatif kehadiran bangsa-bangsa lain dalam masyarakat Indonesia, peranan Indonesia dalam perdagangan dunia. Peserta didik melakukan diskusi kelompok.
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
Kegiatan Akhir/ Penutup                    Peserta didik membuat laporan hasil diskusi Guru memeberikan tugas untuk dikerjakan di rumah (PR) Guru memberikan pesan-pesan moral sehubungan dengan aktivitas ekonomi penduduk, misalnya kerjasama, mendengarkan pendapat orang lain, dll. · Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang kerjanya bagus, dan memberikan nasehat untuk penyempurnaan bagi kelompok yang kurang bagus.

F. Penilaian
1. Tes tertulis
2. Hasil Laporan Kelompok (diskusi kelompok)
Contoh Soal:
1.      Berikan lima contoh bentuk-bentuk kegiatan ekonomi penduduk!
2.      Jelaskan alasan penduduk tinggal pada suatu daerah tertentu!
3.      Sebutkan lima contoh barang konsumsi!
4.       Apakah dampak positif dan negatif adanya kehadiran bangsa lain (bangsa Barat) ke Indonsia


KESIMPULAN Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa:

1.     Model pembelajaran dick and carey merupakan model pembelajaran yang dikembangkan melalui pendekatan sistem (System Approach). Terhadap komponen-komponen dasar dari desain sustem pembelajaran meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi.

2.   Langkah-Langkah Model Pembelajaran Dick and Carey Mengidentifikasi tujuan pembelajaran, analisis intruksional, mengidentifikasi tingkah laku awal/Karateristik siswa (Identity Entry Behaviours, Characteristics, merumuskan tujuan pembelajaran khusus, pengembangkan tes acuan patokan (Develop Criterian-Referenced Test Item),Strategi pengajaran, penggunaan bahan ajar, merancang dan mengembangkan evaluasi formatif, merancang dan mengembangkan evaluasi sumatif,melakukan revisi terhadap program pembelajaran.






Pengertian Model Pembelajaran Dick and Carey Model pembelajaran dick and carey merupakan model pembelajaran yang dikembangkan melalui pendekatan sistem (System Approach). Terhadap komponen-komponen dasar dari desain sistem pembelajaran meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Model sistem pembelajaran yang dikembangkan oleh Dick and Carey terdiri dari beberapa komponen yang perlu untuk membuat rancangan aktifitas pembelajaran yang lebih besar. Dick dan carey memasukkan unsur kognitif dan behavioristik yang menekankan pada respon siswa terhadap stimulus yang dihadirkan

Today Deal $50 Off : https://goo.gl/efW8Ef

Tidak ada komentar:

Posting Komentar